Inobel Memanfaatkan Rumah Belajar Bersama K3S

dianwicaksono

Dian Wicaksono – Sabtu (17/10) Antusiasme Koordinator, Pengawas SD, Kepala Sekolah SD, dan beberapa rekan guru di wilayah Korwilcam Dindik Karanglewas sangat tinggi dalam kegiatan berbagi Inobel memanfaatkan Rumah Belajar. Menurut Koordinator Korwilcam Dindik Karanglewas Ibu Dyah Ernawati K, SE.M.Acc.Ak pandemi Covid 19 sejak pertengahan bulan Maret 2020 sampai saat ini masih terjadi. Pembelajaran  tatap muka beralih menjadi pembelajaran virtual. Pemerintah telah memberikan bantuan kuota internet untuk menunjang pembelajaran jarak jauh secara virtual. Salah satu rekan guru telah memasuki level 4 kegiatan PembaTIK dan diharapkan mampu membagi ilmunya sehingga rekan-rekan guru dapat memanfaatkan kuota belajar terutama dalam memanfaatkan Rumah Belajar.

Kegiatan dilangsungkan pada pukul 09.00 wib dengan menggunakan google meet dan dihadiri oleh 34 peserta (lampiran daftar hadir). Untuk saat ini rekaman kegiatan belum diunggah ke Chanel Youtube Dian Wicaksono (akan segera diunggah).

inobel memanfaatkan rumah belajar

Bapak Pengawas SD Pak Latip Nasrudin menyampaikan bahwa pembelajaran pada pandemi covid 19 dapat dilakukan dengan syarat alat, minat, dan keahlian. Alat pembelajaran berupa perangkat elektronik untuk pembelajaran, minat dan motivasi dari guru dan peserta didik dalam pembelajaran, dan keahlian yang dimaksud adalah bimbingan untuk mendapatkan pengetahuan dan ilmu baru mengenai pembelajaran  pada masa Pandemi Covid 19.

Pemanfaatan Kuota Internet Gratis

Guru dan peserta didik yang sudah terdaftar dalam dapodik berhak menerima kuota internet gratis. Akan tetapi banyak kendala dalam penyalurannya diantaranya adanya nomor NISN ganda bahkan ada juga nomor handphone yang sudah tidak aktif dan harus diganti dengan nomor baru yang aktif. Pengusulan kuota gratis menggunakan SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak). Jika ada siswa yang ingin mengganti nomor handphone dapat dilakukan melalui pemutakhiran data. Penggunaan kuota belajar dapat digunakan untuk mengakses portal rumah belajar.

Inobel memanfaatkan Rumah Belajar

Bagaimana memanfaatkan kuota yang bergiga-giga untuk belajar online? Portal rumah belajar dapat menjawab dengan pasti pertanyaan tersebut. Portal rumah belajar dapat diakses oleh peserta didik, guru, dan masyarakat. Konten yang ada dapat didownload secara gratis. Belajar di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Setelah membuka browser, pengguna dapat masuk pada portal rumah belajar. Diperlukan NUPTK untuk guru dan NISN untuk siswa agar dapat mendaftar pada portal rumah belajar. Berbagai fitur pembelajaran dapat dimanfaatkan oleh guru dan peserta didik.

Fitur Kelas Maya adalah fitur LMS yang dikembangkan untuk menfasilitasi proses pembelajaran secara virtual. Fitur Kelas maya dapat digunakan jika instansi sekolah mendaftarkan kelas maya hingga menunggu disetujui oleh Pusdatin Kemendikbud. Sekolah didorong untuk segera mendaftarkan diri sebagai penyelenggara agar guru dapat melakukan inovasi pembelajaran dengan fitur ini.

kelas maya untuk inobel

Kegiatan berikutnya, semua peserta mencoba mengunduh aplikasi rumah belajar di HP android. Selain itu, peserta juga mencoba mengakses rumah belajar melalui aplikasi tersebut. Setelah membuka, setiap peserta mencoba untuk mendaftar di Rumah Belajar agar dapat memanfaatkan Aplikasi Rumah Belajar secara menyeluruh.

Fitur Kelas Maya dan Aplikasi Rumah Belajar pada HP Android menjadi pilihan yang tepat untuk guru mengembangkan inovasinya menciptakan kegiatan pembelajaran yang asyik dan menyenagkan.

Jangan lupa mengunjungi Portal Rumah Belajar. Dengan Rumah Belajar, belajar menjadi asyik, belajar kapan saja, di mana saja, dengan siapa saja.

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar.

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia.

Mari berbagi ilmu, mari berbagi manfaat.

Tinggalkan komentar