Semut Merah Jilid 2 – Kolaborasi Nusantara

dianwicaksono

Dian Wicaksono – Jum’at (16/10) Semut Merah kembali berbagi dengan meneruskan cerita sebelumnya SEMUT MERAH JILID 2. Setelah sukses dengan webinar SEMUT MERAH JILID 1, Sahabat Rumah Belajar (SRB) 2020 bersama Duta Rumah Belajar yang merupakan tamu special dalam webinar kali ini, melanjutkan kegiatan mensosialisasikan portal Rumah Belajar melalui Webinar Kolaborasi Nusantara SEMUT MERAH (Sehari bersaMa UnTuk MERangkai kisAH) Jilid 2. Di SEMUT MERAH jilid 2 ini, Ada 7 Sahabat Rumah Belajar yang siap berbagi cerita dan pengalaman berharga terkait Rumah Belajar.

Siti Khadijah SRB Kep. Bangka Belitung, Wiwi Indah Sari SRB Kalimantan Tengah, DAT Novitasari SRB Papua Barat, Dian Wicaksono SRB Jawa Tengah, Putu Edy Pariawan SRB Bali, Dwi Ermayanti SRB Aceh, dan Yusuf Sodhiqin SRB Banten, dan tamu spesial yaitu Duta Rumah Belajar Provisni Bali tahun 2017 Bapak I Komang Rika Adi Putra yang siap berbagi pengalaman dan motivasi. Kegiatan webinar ini dibuka dan dimoderatori oleh DAT Novitasari SRB 2020 dari Papua Barat.

semut merah jilid 2

Bapak I Komang Rika Adi Putra yang merupakan DRB Bali 2017 membagikan pengalamannya mengikuti kegiatan PembaTIK hingga beliau menjadi Duta Rumah Belajar. Beliau berpesan kepada para SRB untuk meningkatkan dan mengembangkan diri serta terus la semangat untuk berbagi secara tulus, tetaplah rendah hati dan tetap semangat untuk terus belajar.

Kendala yang sempat terjadi yang menyebabkan kegiatan sempat tertunda hampir 30 menit tidak menyurutkan semangat kami untuk berbagi. Kegiatan berbagi ini diselenggarakan melalui Zoom Meeting ini yang dihadiri oleh 22 peserta (lampiran daftar hadir), dan juga disiarkan secara live melalui Chanel Youtube Dian Wicaksono.

Pemaparan pertama, ibu Wiwi Indah Sari SRB Kalimantan Tengah 2020 dengan dipandu oleh bapak Yusuf Sodhiqin SRB Banten 2020 sebagai moderator mencoba berbagi mengenai patner portal Rumah Belajar yaitu Radio Edukasi. Beliau menyampaikan bahwa Radio Edukasi adalah produk BPRMP (Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan) yang berbentul radio station yang menyajikan komposisi acara siaran pendidikan (baik formal maupun nonformal), informasi/berita pendidikan, hiburan, dan acara pendidikan yang mendidik (edutainment). Radio edukasi menyediakan produk media audio pembelajaran dari jenjang PAUD sampai SMA, guru dan juga untuk Tunanetra. Radio Edukasi ini dapat manfaatkan dan diakses secara daring maupun luring dan pastinya gratis.

Sesi kedua adalah bapak Putu Edy Pariawan SRB Bali 2020 berpsangan dengan Ibu Siti Khadijah SRB Kep. Bangka Belitung 2020 sebagai moderator berbagi mengenai pemanfaatan game teka teki silang dalam pembelajaran. Beliau menyampaikan bahwa dengan game TTS ini siswa bisa bermain dan belajar. Dengan game TTS ini siswa dapat mengerjakan soal sambil bermain. Dengan game ini guru dapat melakukan penilain kepada siswa. Pada sesi inibapak Putu Edy Pariawan berbagi tutorial bagaimana membuat soal dan jawaban pada game TTS yang dapat digunakan untuk pembelajaran.

semut merah jilid 2, narsum 2

Saya menjadi moderator untuk Dwi Ermayanti SRB Aceh 2020 sebagai pembicara terakhir berbagi mengenai penerapan model NHT (Number Head Together) dengan fitur sumber belajar. Beliau membagikan pengalamnnya bagaimana langkah – langkah serta tips dan trik penerapan model NHT (Number Head Together) dengan mengkombinasikan fitur – fitur yang ada di portal Rumah Belajar yaitu fitur Sumber Belajar.

semut merah jilid 2, narsum 3

Sesi terkhir dilakukan tanya jawab, ada beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh peserta webinar kepada para narasumber. Jawaban-jawaban yang diberikan oleh narasumber sangat jelas sehingga tidak membuat penasaran lagi dan membuat peserta lebih ingin mencoba apa yang narasumber bagikan.

Banyak aplikasi dan model pembelajaran yang bisa digunakan dan diintegrasikan dengan Portal Rumah Belajar, hal ini dapat menambah inspirasi bagi kita berinovasi menciptakan pembelajaran yang semakin menyenangkan untuk diikuti oleh peserta didik.

Jangan lupa untuk langsung mengunjungi Portal Rumah Belajar. Karena dengan Rumah belajar membuat belajar semakin asyik, belajar bisa kapan saja, di mana saja, dengan siapa saja.

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar.

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia.

Mari berbagi ilmu, mari berbagi manfaat.

Tinggalkan komentar