Sinau Bareng Nang Rumah Belajar

dianwicaksono

Dian Wicaksono – Rabu (14/10) Kolaborasi SRB Jawa Tengah satu daerah serumpun, Banyumas dan Purbalingga, Ibu Titi Endri Astuti, Bapak Suwarno, dan Dian Wicaksono. Didampingi oleh DRB Jawa Tengah tahun 2018 Bapak Fakhrudin Sujarwo, serta DRB Jawa Tengah tahun 2019 Ibu Asih Prihatin. Sinau bareng nang Rumah Belajar dengan sahabat-sahabat guru di SMA Negeri 1 Purwokerto.

Kegiatan sinau bareng nang SMA Negeri 1 Purwokerto berlangsung melalui aplikasi cisco webex yang dimulai pukul 08.00 wib, diikuti oleh 26 peserta (lampiran daftar hadir). Rekaman acara ini juga dapat disaksikan di Chanel Youtube Dian Wicaksono.

Sempat bergabung bersama kami SRB dari Provinsi Aceh, Ibu Irma Suryani Harahap yang sedianya akan  menjadi host dan moderator, tetapi karena adanya kendala teknis beliau tidak dapat melanjutkan mengikuti kegiatan berbagi ini. Acara diawali dengan motivasi yang disampaikan oleh kedua DRB Jateng yang telah hadir, memberi semangat kepada kami para SRB untuk terus berbagi apa yang telah kami dapatkan.

Saya sebagai pemateri pertama berbagi mengenai pemanfaatan kuota internet gratis yang dapat dimanfaatkan untuk mengakses Portal Rumah Belajar. Berbagi mengenai alur dan proses pengusulan sampai dengan kuota internet tersebut sampai di nomor peserta didik dan juga guru. Proses yang cukup panjang dan memakan waktu menjadikan para operator harus ekstra hati-hati untuk mengusulkan nomor hp sehingga tidak terjadi penundaan saat proses penyaluran bantuan. Kuota internet gratis dapat digunakan untuk mengakses Portal Rumah Belajar dan Aplikasi Rumah Belajar.

sinau bareng

Materi selanjutnya disampaikan oleh SRB Jateng yang lain Bapak Suwarno mengenai Fitur Kelas Maya. Beliau menyampaikan fitur kelas maya melalui tampilan pada aplikasi HP Android. Sebelum kelas maya dapat digunakan sekolah terlebih dahulu harus mendaftarkan diri sebagai penyelenggara. Untuk menjadi penyelenggara membutuhkan waktu untuk menunggu konfirmasi dari Pusdatin Kemendikbud. Setelah sekolah telah terdaftar sebagai penyelenggara diikuti oleh guru untuk membuka kelas dan mengajak siswanya masuk ke dalam kelas yang sudah dibuat.

Materi terakhir adalah praktek pembuatan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan aplikasi Articulate Story Line 3. SRB Jateng lainnya yaitu ibu Titi Endri Astuti  mendampingi peserta sahabat guru dari SMA Negeri 1 Purwokerto selama kurang lebih 2 jam. Beliau begitu runtut menyampaikan fungsi dari fitur-fitur aplikasi yang digunakan serta praktik langsung membuat produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis web  (HTML5). Dalam penyampaian sedikit ada kendala karena dengan tatap maya feedback yang diberikan oleh peserta terasa kurang aktif dan tidak bisa langsung memahami masalah yang dialami oleh peserta saat melakukan praktik. Peserta ada yang merasa kesulitan karena hanya menggunakan 1 perangkat untuk melakukan tatap maya dan juga praktik, sehingga mereka harus sering berganti aplikasi yang digunakan antara menyimak penjelasan dari narasumber dan praktik menggunakan aplikasi tersebut. Peserta diharap dapat berkarya dan dapat diunggah untuk konten sumber belajar pada Portal Rumah Belajar.

Pemanfaatan kuota internet gratis harus bisa dimaksimalkan untuk mengakses sesuatu yang bermanfaat, yaitu Portal Rumah Belajar. Di dalam Portal Rumah Belajar terdapat kelas maya yang bisa digunakan sebagai LMS untuk mempermudah pembelajaran jarak jauh. Sahabat guru juga dapat berkontribusi langsung untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dengan cara berkarya membuat media pembelajaran dan hasil karyanya dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa di seluruh Indonesia.

Semoga kegiatan sinau bareng nang rumah belajar bersama dengan sahabt guru dari SMA Negeri 1 Purwokerto dapat menjadi inspirasi dan manfaat untuk sahabat semua. Jangan lupa untuk langsung mengunjungi Portal Rumah Belajar dan rasakan manfaatnya.

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar.

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia.

Mari berbagi ilmu, mari berbagi manfaat.

2 pemikiran pada “Sinau Bareng Nang Rumah Belajar”

Tinggalkan komentar