Kolaborasi SEMUT MERAH 2021

dianwicaksono

Dian Wicaksono – – Menjelang akhir bulan Oktober tahun 2021, tepatnya tanggal 22 menjadi moment dimulai kembali kegiatan PembaTIK level 4. Ada 30 guru terpilih di setiap provinsi yang telah melalui 3 level PembaTIK 2021 sebelumnya dan berhak menyandang embel-embel Sahabat Rumah Belajar atau sering dikenal sebagai SRB. Level 4 adalah level di mana menjadi kegiatan ajang berbagi dan berkolaborasi. Dengan alasan tersebut Kolaborasi Nusantara Semut Merah 2021 kembali hadir untuk menggaungkan Portal Rumah Belajar.

Webinar Kolaborasi Semut Merah hadir kembali dalam Kolaborasi Semut Merah 2021. Semut Merah merupakan akronim dari Sehari bersaMa UnTuk MERangkai kisAH. Kami berbagi kisah, ilmu, pengalaman dan motivasi bersama Sahabat Rumah Belajar dari Provinsi Aceh, Jawa Tengah, Bali, dan Papua Barat. Tema yang diangkat dalam kegiatan webinar kali ini adalah Praktik Baik Pemanfaatan Fitur Rumah Belajar dalam Pembelajaran.

kolaborasi semut merah 2021

Persiapan Kolaborasi

Sebelum show of, kami melakukan berbagai persiapan di antaranya melakukan koordinasi dan pembagian tugas. Kami berasumsi bahwa segala kegiatan harus dipersiapkan secara matang agar dapat melakukan kegiatan berbagi secara maksimal. Pada tahap persiapan ini, dilakukan melalui google meet yang dilaksanakan hari Minggu, 31 Oktober 2021.

Beberapa tugas telah disepakati setelah dilakukan koordinasi melalui google meet. Dian Wicaksono, SRB Jateng 2021 bertugas membuat flyer dan virtual background serta mengisi materi Pengenalan Fitur Rumah Belajar. Pembuatan flyer dibuat sebaik mungkin agar guru-guru tertarik mengikuti kegiatan ini. Caption dan materi tentang Pemanfaatan Sumber Belajar pada Portal Rumah Belajar disampaikan oleh Ida Nursanti, SRB Papua Barat 2021. Sedangkan Eva Delina Bangun, SRB Aceh 2021 bertugas sebagai moderator dan membuat form pendaftaran. Kali ini, Edy Pariawan, SRB Bali 2021 bertugas membuat form daftar hadir sekaligus memberikan materi tentang Gamifikasi dalam Pembelajaran berbasis Edugame. Anita Sukarini, SRB Jateng 2021 diberi kepercayaan untuk menjadi host dalam kegiatan ini.

Selain Sahabat Rumah Belajar, hadir pula Duta Rumah Belajar dari beberapa provinsi. Bapak Yusuf Sodikin, DRB Jambi tahun 2020 menyediakan room/zoom sehingga kegiatan ini dapat terlaksana. Keynote Speaker Hairun Nissa, M.Pd.,M.Ikom, PTP Pusdatin Kemdikbudristekdikti bersedia memberikan motivasi agar peserta mengikuti kegiatan PembaTIK. Tak lupa, kegiatan ini juga didukung oleh DRB Aceh 2020, Dwi Ermayanti, DRB Jateng 2020, Upik Settyawan, DRB Bali 2017, I Komang Rika Adi Putra dan DRB Papua Barat 2020, DAT Novitasari.

Pelaksanaan Kegiatan Kolaborasi

Acara dibuka oleh host dan dilanjutkan sambutan dan motivasi oleh Hairun Nissa, M.Pd.,M.Ikom, PTP Pusdatinkemdikbudristekdikti mengenai PembaTIK 2021. Upik Setyawan sebagai DRB Jateng 2020 memberikan motivasi mengenai pentingnya peran TIK dalam pembelajaran. Betapa teknologi mampu membantu pembelajaran di masa Pandemi Covid 19. DRB Aceh 2020, Dwi Ermayanti menjelaskan mengenai pembelajaran abad 21 yang dapat diraih melalui PembaTIK.

Pada penyampaian materi, Ida Nursanti sebagai SRB Papua Barat 2021 mengenalkan audio sebagai salah satu konten yang ada di Sumber Belajar. Pemanfaatan sumber belajar bukan hanya dapat dimanfaatkan oleh guru melainkan orang tua dapat menggunakan sumber belajar untuk membelajarkan anak.

Materi yang kedua disampaikan oleh SRB Jateng 2021, Dian Wicaksono. Fitur dalam rumah belajar sangat banyak untuk dapat dimanfaatkan. Pembelajaran yang memanfaatkan teknologi saat ini telah menjadi tuntutan bagi guru agar pembelajaran tidak lagi monoton. Sebelum memanfaatkan fitur rumah belajar, pengguna bisa log in bisa menggunakan akun google yang sudah ada ataupun akun belajar.id yang sudah dimiliki oleh guru-guru. Di dalam rumah belajar terdapat fitur utama. Fitur utama terdiri atas sumber belajar, kelas maya, bank soal, dan laboratorium maya. Guru-guru diharapkan dapat menjadi kontributor pada sumber belajar sehingga karyanya dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa di seluruh Indonesia. Selain fitur utama, di dalam rumah belajar terdapat fitur pendukung. Beragam fitur pendukung di antaranya peta budaya, buku sekolah elektronik, wahana jelajah angkasa, karya bahasa dan sastra, pengembangan profesi berkelanjutan, blog pena, edugame, dan yang terbaru adalah augmented reality.

Penyampaian materi terakhir oleh Anita Sukarini, SRB Jateng 2021. Materi yang disampaikan tentang model pembelajaran SOLE. Pembelajaran SOLE (Self Oganized Learning Environments) menitikberatkan pembelajaran mandiri yang dilakukan oleh siapa pun yang berkeinginan untuk belajar dengan memanfaatkan internet dan perangkat pintar yang dimilikinya.

Kegiatan ini diikuti oleh 37 peserta yang berada di dalam room. Antusiasme peserta cukup baik. Banyak pertanyaan yang muncul dari peserta webinar tersebut. Seharusnya teman SRB Bali 2021 ikut mengisi materi. Akan tetapi, dikarenakan ada sesuatu hal, beliau tidak dapat bergabung bersama kami dalam kegiatan webinar ini.

Demikian rangkaian kegiatan webinar Kolaborasi Nusantara “SEMUT MERAH 2021”. Semoga materi yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi banyak pihak.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan Portal Rumah Belajar untuk kegiatan pembelajaran yang asik dan menyenangkan.

Mar berbagi ilmu, mari berbagi manfaat.

Tinggalkan komentar