Nonton Bareng MENDOAN SEKOTENG Rumah Belajar

dianwicaksono

Dian Wicaksono – Webinar Praktik Baik Pemanfaatan Fitur Rumah Belajar untuk Pembelajaran Abad 21 kembali dilaksanakan. Tema yang diusung dalam webinar ini adalah MENDOAN SEKOTENG (Mendidik, Objektif, Berwawasan, Saintifik, Efektif, Kolaborasi, Terampil, Nalar kritis dan Gembira). Kompetensi guru di era revolusi industri 5.0 merambah pada kecakapan berteknologi. Guru diharapkan mampu mengembangkan soft skills dan hard skils dalam bidang IPTEK. Pada webinar akan dikupas tuntas mengenai kiat memanfaatkan portal rumah belajar sebagai upaya memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran

MENDOAN SEKOTENG
flayer kegiatan MENDOAN SEKOTENG RUMAH BELAJAR

SRB Jateng 2021 siap berbagi kepada segenap guru sekolah dasar se Kecamatan Karanglewas. Sebelum melaksanakan webinar Praktik Baik Pemanfaatan Fitur Rumah Belajar untuk Pembelajaran Abad 21 MENDOAN SEKOTENG, dibutuhkan koordinasi secara aktif dengan Koordinator Korwilcam Dindik Karanglewas, pengawas sekolah, dan Ketua KKKS (Kelompok Kerja Kepala Sekolah). Koordinasi ini membahas mengenai penentuan jadwal pelaksanaan, penentuan materi, dan mempersiapkan room yang akan digunakan dalam webinar.

Webinar MENDOAN SEKOTENG Rumah Belajar dilaksanakan pada hari Jumat, 5 November 2021 secara daring. Melalui Google Meet, guru-guru Karanglewas mengikuti webinar dengan antusias. Terdapat 58 guru yang masuk di dalam room. Uniknya, banyak sekolah yang melakukan nobar (nonton bareng) untuk mengikuti webinar ini. Hal ini dilakukan karena keterbatasan jumlah peserta yang bisa masuk dalam room gmeet, sehingga sosilisasi dapat diikuti oleh 129 guru. Sangatlah pantas untuk diapresiasi lebih, antusiasme guru-guru di wilayah Korwilcam Dindik Karanglewas dapat diacungi jempol untuk bisa mengikuti webinar tersebut. Berikut beberapa foto sekolah yang mengadakan nonton baraeng kegiatan webinar Mendoan Sekoteng Rumah Belajar beserta lampiran daftar hadir. (Daftar Hadir)

Pengawas Korwilcam Dindik Karanglewas memberikan motivasi dan dukungan kepada SRB Jateng 2021 yang mengikuti kegiatan PembaTIK. Kegiatan PembaTIK bisa diikuti oleh segenap guru se Indonesia. Pembelajaran saat ini telah beralih sesuai perkembangan abad 21.

Portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Dapat dimanfaatkan oleh siswa, guru, dan juga masyarakat luas. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara GRATIS.

Portal rumah belajar dapat diakses melalui belajar.kemdikbud.go.id. Materi yang disajikan memiliki tampilan yang beragam dalam bentuk video, animasi, gambar, evaluasi, simulasi, dan permainan.

Fitur utama dalam rumah belajar terdiri atas sumber belajar, kelas maya, bank soal, laboratorium maya. Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Bank soal pada Portal Rumah Belajar digunakan untuk melakukan evaluasi. Evaluasi yang dimaksud seperti latihan, ulangan, atau ujian. Sahabat dapat membuat soal sendiri sesuai pokok bahasan dan jenis evaluasi yang diinginkan. Simulasi praktikum laboratorium, lembar kerja peserta didik (LKS) dan teori praktikum yang ada disajikan secara interaktif dan menarik. Laboratorium maya digunakan untuk jenjang SMP dan SMA.

Selain fitur utama, ada juga fitur pendukung dan sumber belajar lainnya. Pada ftur pendukung terdapat peta budaya, buku sekolah elektronik, wahana jelajah angkasa, pengembangan profesi berkelanjutan, karya bahasa dan sastra, blog pena, edugame, dan yang terbaru adalah augmented reality. Pada sumber belajar lainnya terdapat radio edukasi, m edukasi, tv edukasi, suara edukasi, e modul, PPPPK-LPPKS, kursus daring, gerbang kurikulum, Sistem Informasi Perbukuan Indonesia.

SRB Jateng 2021 mengajak segenap guru berpartisipasi mengisi konten dan memanfaatkan rumah belajar dalam pembelajaran. Hal ini diharapkan mampu memajukan pendidikan di Indonesia.

Demikian rangkaian kegiatan webinar Webinar Praktik Baik Pemanfaatan Fitur Rumah Belajar untuk Pembelajaran Abad 21 dengan tema MENDOAN SEKOTENG (Mendidik, Objektif, Berwawasan, Saintifik, Efektif, Kolaborasi, Terampil, Nalar kritis dan Gembira). Semoga materi yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi banyak pihak.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan Portal Rumah Belajar untuk kegiatan pembelajaran yang asik dan menyenangkan

Mari berbagi ilmu, mari berbagi manfaat.

Tinggalkan komentar