Kenalan (lagi) Dengan Portal Rumah Belajar

dianwicaksono

Dian Wicaksono – Sudah kenal dengan Portal Rumah Belajar? Tak kenal ya harus kenalan. Rumah Belajar adalah Portal belajar dalam jaringan yang dimiliki oleh Kemendikbudristekdikti yang dikembangkan oleh Pusdatin. Rumah Belajar dikembangkan  untuk memudahkan dan mendukung proses pembelajaran untuk guru dan peserta didik. Terdapat Fitur Utama, Fitur Pendukung, dan Sumber belajar lainnya. Setiap fitur memiliki fungsi yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran sesuai kebutuhan secara gratis tanpa biaya sepeserpun, dan dapat dimanfaatkan kapan saja, di mana saja, dengan siapa saja. Sahabat dapat memanfaatkan fitur-fitur tersebut jika sahabat sudah melakukan pendaftaran atau registrasi di Portal Rumah Belajar.

Untuk lebih jelasnya ayo simak ulasan singkat berikut ini.

Fitur Utama

Apakah sahabat pernah berkunjung ke poratal rumah belajar? Portal Rumah Belajar merupakan salah satu laman pembelajaran yang di dalamnya terdapat beragam konten dan aktivitas pembelajaran yang pastinya asik dan menyenangkan. Mari kita kenal lebih jauh fitur-fitur utamanya.

Tampilan fitur utama pada portal Rumah Belajar

Sumber Belajar

Pada fitur sumber belajar terdapat materi- materi ajar yang bisa dimanfaatkan oleh guru dan peserta didik. Materi yang disajikan memiliki tampilan yang beragam dalam bentuk video, animasi, gambar, evaluasi, simulasi, dan permainan sehingga sangat menarik untuk digunakan. Pastikan sahabat untuk segera berkunjung dan nikmati segala keasyikan yang disajikan pada fitur ini.

Sahabat dapat menggunakan akun Rumah Belajar atau Google atau Facebook agar dapat masuk ke fitur Sumber Belajar, Sahabat dapat mengunggah dan mengunduh konten di Sumber Belajar, baik konten berbentuk video, web, audio, maupun pdf.

Kelas Maya

Kelas Maya pada Portal Rumah Belajar merupakan learning management system (LMS) memungkinkan terjdinya pembelajaran dalam jaringan (online) antara guru dan peserta didik yang bisa dilakukan di mana saja. Peserta didik dapat mengikuti pembelajaran virtual pada kelas maya sesuai dengan jadwal yang sudah sahabat buat.

Pembelajaran virtual di Kelas Maya adalah strategi pembelajaran lebih bersifat konstruktivistik sehingga menuntut peserta didik melaksanakan pembelajaran aktif dan berpusat pada peserta didik untuk mendorong keterampilan terus berkembang. Kelas Maya digunakan sebagai sarana pembelajaran dalam jaringan (online) yang bisa dilakukan kapan saja, dimana saja, dengan siapa saja. Model pembelajaran kelas maya ini dirancang sebagai pelengkap kegiatan pembelajaran di kelas dengan lebih banyak pada aktivitas asinkronus berdasarkan fasilitas TIK yang tersedia di sekolah.

Sahabat terlebih dahulu harus membuat kelas di Kelas Maya supaya dapat mengunggah materi, media, tugas, dan evaluasi. Sebagai guru kita perlu mengelola kelas dengan menyiapkan mengunggah materi belajar, tugas, serta soal evaluasi.

Bank Soal

Bank soal pada Portal Rumah Belajar digunakan untuk melakukan evaluasi. Evaluasi yang dimaksud seperti latihan, ulangan, atau ujian. Sahabat dapat membuat soal sendiri sesuai pokok bahasan dan jenis evaluasi yang diinginkan. Soal-soal evaluasi dan materi evaluasi peserta didik dikelompokkan berdasarkan pokok bahasan. Langkah- langkah yang sahabat harus lakukan untuk membuat evaluasi, yaitu:

  • Buka Portal Rumah Belajar
  • Masuk pada fitur Bank Soal sebagai guru.
  • Sahabat harus membuat soal-soal terlebih dahulu.
  • Setelah tersedia beberapa soal yang Sahabat buat sendiri, selanjutnya Sahabat membuat evaluasi sesuai dengan jenis evaluasi yang diinginkan, seperti: Latihan, Ulangan, atau Ujian.
  • Tahap selanjutnya adalah mengisi evaluasi.
  • Apabila sahabat telah menyiapkan soal dan evaluasi yang akan dikerjakan peserta didik, selanjutnya sahabat menginformasikan pada peserta didik untuk mendaftar di Rumah Belajar agar dapat mengerjakan evaluasi pada Bank Soal.
  • Tambahkan nama peserta didik pada daftar peserta yang harus mengerjakan evaluasi.
  • Sahabat dapat mengetahui peserta didik yang telah mengerjakan evaluasi dan juga sekor yang diperoleh melalui menu Laporan. Sahabat akan mengetahui soal-soal yang dijawab benar atau salah oleh peserta didik. Data yang sudah Sahabat peroleh pada menu Laporan tersebut dapat dijadikan bahan untuk analisis butir soal.

Peserta didik mengerjakan Latihan, Ulangan, atau Ujian di Bank Soal dengan menggunakan laptop atau smartphone secara online. Sebelum Sahabat berniat menggunakan fitur Bank Soal untuk melakukan evaluasi, pastikan terlebih dahulu kondisi jaringan internet di lingkungan sahabat, serta perhatikan pula sarana dan prasarana yang dimiliki oleh peserta didik.

Laboratorium Maya

Fitur Laboratorium maya pada Portal Rumah Belajar berisi tentang simulasi praktikum laboratorium, lembar kerja peserta didik (LKS) dan teori praktikum yang ada disajikan secara interaktif dan menarik. Laboratorium maya digunakan untuk jenjang SMP dan SMA. Ada beberapa menu yang terdapat pada fitur ini, yaitu:

  • Peserta didik dapat melakukan percobaan secara online,
  • Peserta didik dapat mengunduh percobaan,
  • Teori berisi penjelasan penggunaan percobaan dan dapat diunduh peserta didik.
  • LKS berisi langkah-langkah percobaan dan pertanyaan yang terkait percobaan, LKS ini dapat diunduh oleh peserta didik.
  • Referensi digunakan sebagai bahan bacaan tambahan untuk peserta didik.
  • Pengguna dapat mengisi diskusi dan komentar terkait percobaan yang dilakukan.

Fitur Pendukung

Selain fitur utama pada Portal Rumah Belajar juga terdapat fitur yang lain. Sahabat Rumah Belaja dapat menambah pengetahuan melalui fitur pendukung, berikut adalah fitur-fitur pendukung yang ada di Portal Rumah Belajar.

fitur-fitur pendukung portal Rumah Belajar

Peta Budaya

Fitur Peta budaya pada Portal Rumah Belajar berisi penjelasan secara lengkap mengenai sejarah, seni dan budaya, serta tradisi di setiap propinsi yang ada di Indonesia. Untuk memudahkan peserta didik mempelajari budaya Indonesia, terdapat game “Next Doorland” yang dibuat untuk memudahkan dalam mengenal kebudayaan yang ada di Indonesia dan Australia. Aplikasi ini sudah tersedia dalam versi android yang bisa kamu akses melalui perangkat gawai milikmu. Konten yang terdapat dalam fitur Peta Budaya dapat dibaca secara dalam jaringan maupun luar jaringan.

Buku Sekolah ELektronik (BSE)

Fitur Buku Sekolah Elektronik (BSE) pada Portal Rumah Belajar berisi buku-buku pelajaran digital yang dapat diunduh oleh peserta didik dan guru, juga terdapat buku pengetahuan umum. Buku yang tersedia pada fitur ini sangat lengakp untuk semua jenjang dan mata pelajaran. Sahabat dapat mengunduh buku-buku digital dan memanfaatkannya secara luar jaringan.

Wahana Jelajah Angkasa

Fitur Wahana Jelajah Angkasa pada Portal Rumah Belajar merupakan fitur yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik untuk mempelajari sistem tata surya dan benda-benda ruang angkasa. Di sini kita dapat melihat ruang angkasa yang sangat menarik. Saat mengakses fitur ini kita serasa dijak terbang dan berkeliling ruang angkasa seperti seorang astronot. Sungguh pengalaman yang sangat menyenangkan dan hebat sekali.

Karya Bahasa dan Sastra

            Fitur Karya Bahasa dan Sastra pada Portal Rumah Belajar ini menyediakan buku-buku digital mengenai bahasa dan sastra untuk semau jenjang pendidikan dari sekolah Dasar sampai SEkolah menengah atas, dan terdapat pilihan kategori yaitu prosa, puisi dan referensi yang dapat di manfaatkan untuk mendukung literasi teknologi, literasi digital, dan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Buku-buku digital yang terdapat pada fitur Karya Bahasa dan Sastra hanya dapat dibaca secara dalam jaringan.

Perkembangan Keprofesian Berkelanjuatan

            Fitur Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan pada Portal Rumah Belajar dapat sahabat manfaatkan untuk mengikuti pelatihan secara dalam jaringan. Sahabat mencari dan mendaftar pada kelas pelatihan tyang sesuai. Sahabat akan diarahkan ke SimpaTIK (Sistem Informasi Manajemen Pelatihan Berbasis TIK) di mana sahabat diharuskan untuk membuat akun agar bisa masuk dan mengakses menu-menu yang ada di dalamnya. Di sinilah sahabt bisa mendaftar PembaTIK. Selanjutnya Sahabat menunggu verifikasi dari penyelenggara pelatihan agar dapat mengikuti aktivitas belajar secara dalam jaringan. Apa itu PembaTIK? PembaTIK adalah kepanjangan dari Pembelajaran berbasis TIK, yang merupakan program Peningkatan Kompetensi untuk guru pada bidang TIK yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO. Standar kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level (4i leveling), yaitu:

  1. level literasi,
  2. level implementasi
  3. level kreasi
  4. level berbagi

Edugame

Fitur Edugame pada Portal Rumah Belajar mengajak kita bermain sambil belajar, fitur ini menyediakan beragam game interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik. Permainan dirancang untuk dapat membantu peserta didik memahami konsep dasar dari materi yang disajikan.

Blog Pena

Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh sahabat yang suka menulis. Di sini sahabat bisa memposting artikel yang sahabat buat.

Augmented Reality

Konten pembelajaran Augmented Reality merupakan media pembelajaran digital yang memungkinkan pengguna untuk melihat obyek-obyek 2D atau 3D yang diproyeksikan terhadap dunia nyata. Konten pembelajaran Augmented Reality (AR) yang dikembangkan oleh Pusdatin diharapkan mampu menjadi media pembelajaran alternatif dengan menghadirkan obyek tambahan berupa teks, suara, gambar, video, obyek 2 Dimensi maupun 3 Dimensi. Konten pembelajaran AR yang tersedia di portal Rumah Belajar dikembangkan dari materi-materi instruksional sesuai dengan kurikulum pada jenjang Pendidikan dari PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK.

Menghadirkan obyek sebagai realitas tertambah yang terdapat dalam aplikasi AR tentunya akan mempermudah bagi para pengguna untuk memahami sebuah konsep dari materi yang dikembangkan. Pemanfaatan konten pembelajaran AR bisa menggunakan gawai pintar (smartphone) maupun Tablet yang nantinya digunakan untuk melihat dan mengamati obyek dari marker yang telah disediakan. Nikmati konten pembelajaran AR dari portal Rumah Belajar dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun.

Sumber Belajar Lainnya

Sumber-sumber belajar lain yang bisa sahabat temukan pada Portal Rumah Belajar terdapat pada bagian bawah halaman utama Rumah Belajar, dan ketika Sahabat klik salah satu tautan maka Sahabat akan mengunjungi laman pembelajaran selain yang ada di Rumah Belajar. Ada beberapa konten yang ditautkan pada Portal Rumah Belajar.

sumber belajar lainnya produk Pusdatin Kemdikbudristekdikti

Radio Edukasi

Radio Edukasi merupakan web pembelajaran berbasis audio untuk jenjang PAUD, SD, SMP, Guru, dan Tunanetra. Sahabat dapat mengunjungi web Radio Edukasi untuk mengetahui lebih jelas dan lengkap.

m-edukasi (mobile edukasi)

M-edukasi merupakan web pembelajaran berbasis multimedia. Ada ribuan konten multimedia pembelajaran yang dapat diunduh dan digunakan pada gawaimu.

TV Edukasi

Televisi Edukasi merupakan layanan Pendidikan yang dikembangkan oleh Pusdatin Kemendikbud. Pada laman ini tersedia video pembelajaran yang dapat dimanfaatkan secara luring serta siaran televisi yang dapat disaksikan secara langsung.

Demikian pembahasan mengenai Portal Rumah Belajar semoga dapat bermanfaat untuk sahabat semua. Langsung saja menuju ke Portal Rumah Belajar.

Mari berbagi ilmu, mari berbagi manfaat.

2 pemikiran pada “Kenalan (lagi) Dengan Portal Rumah Belajar”

  1. Wah,luar biasa,kita harus belajar dan belajar dalam rumah belajar
    Ternyata banyak hal yang harus dipelajari ada di rumah belajar

    Balas

Tinggalkan komentar