MENDOAN SEKOTENG – Video Based Learning & Gamifikasi pada Rumah Belajar

dianwicaksono

Dian Wicaksono – Pembelajaran tatap muka terbatas menyebabkan diberlakukannya kapasitas kelas maksimal 50% dari jumlah siswa. Siswa dalam satu kelas dibagi menjadi 2 kelompok, masing-masing kelompok melakukan pembelajaran di sekolah secara bergantian setiap harinya. Lalu, apakah siswa yang tidak melakukan pembelajaran di sekolah akan dibiarkan? Tentu saja tidak. Meskipun 50% jumlah siswa berada di rumah, mereka tetap mendapatkan pelayanan pembelajaran melalui daring.

MENDOAN SEKOTENG

Praktik baik Mendoan Sekoteng menggunakan Video Based Learning (VBL) yang dikolaborasikan dengan Gamifikasi dapat dilaksanakan pada situasi pembelajaran tatap muka terbatas. Penerapan VBL dan gamifikasi terintegrasi dengan rumah belajar. Pemilihan Video pada sumber belajar dianggap mampu memenuhi kebutuhan siswa akan pengetahuan. Sedangkan gamifikasi diperoleh dari fitur edugame yang ada pada rumah belajar. Gamifikasi ini mengarahkan siswa agar mereka dapat bermain sambil belajar. melalui fitur ini, aktivitas dan kreativitas siswa akan muncul secara alami.

Materi pada sumber belajar yang dipilih berupa video pembelajaran mengenai perkembangbiakan generatif pada bunga. Video membantu siswa dan guru untuk menghadirkan materi secara nyata tanpa menggunakan benda konkret. Konsep mengenai perkembangbiakan generatif pada tumbuhan ditayangkan begitu jelas sehingga siswa mudah memahaminya. Penerapan pembelajaran tematik menuntut sebuah pembelajaran yang menyatu dan bermakna. Hal tersebut dapat dipenuhi dengan menggunakan edugame yang menarik perhatian siswa dan tentu saja pengalaman menggunakan edugame akan melekat di ingatan siswa.

Mendoan Sekoteng dipilih untuk mengangkat kearifan lokal. Mendoan yang berarti Mendidik, Objektif, Berwawasan dan Sekoteng yang artinya Saintifik, Efektif, Kolaborasi, Terampil, Nalar kritis dan Gembira. Pembelajaran diharapkan dapat menghidupkan minat dan kreativitas siswa pada materi yang mereka pelajari.

Berikut adalah Video implementasi MENDOAN SEKOTENG -Video Basesd Learning & Gamifikasi pada Rumah Belajar.

Sebagai kolaborasi model pembelajaran, Video Based Learning (VBL) dan Gamifikasi memiliki sintak sebagai berikut:

  1. Menyimak materi yang ada di dalam video

Guru menggunakan video pembelajaran tentang perkembangbiakan generatif pada tumbuhan. Materi tersebut diperoleh dari rumah belajar pada fitur sumber belajar. Video yang dipilih diharapkan dapat memberikan penjelasan secara menyeluruh mengenai perkembangbiakan generatif yang terjadi pada tumbuhan. Benda konkret sulit dihadirkan pada kelas karena siswa dibagi menjadi 2 kelompok. Keadaan tersebut dapat diatasi dengan memberikan tayangan video untuk disimak oleh siswa.

2. Menulis informasi yang sudah diperoleh melalui video

Setelah menyimak pembelajaran yang ada di dalam video, siswa menulis informasi yang diperoleh. Pada kegiatan ini, guru menstimulus siswa agar mau bertanya terkait materi yang dipelajari. Siswa diberi motivasi agar dapat menuliskan informasi sebanyak-banyaknya.

3. Mencari informasi serupa dari sumber lain (buku teks)

Selain informasi yang ada di video, siswa juga mencari informasi yang serupa di buku teks. Mereka melengkapi informasi yang terkait dengan perkembangan generatif pada tumbuhan dan belum ada di dalam video. Siswa akan menggunakan ingatan mereka agar informasi yang mereka kumpulkan menjadi semakin lengkap.

4. Mempresentasikan hasil

Setiap siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil di depan teman-temannya. Guru dan siswa memberikan stimulus positif agar siswa yang lain berani menyampaikan hasil tulisannya.

5. Mengkolaborasi materi lain melalui gamifikasi

Guru menyampaikan materi berikutnya dengan menghadirkan game pada pembelajaran.

6. Mencoba edugame

Ketika melaksanakan edugame, siswa diberi motivasi agar mau mencoba. Siswa yang mencoba senantiasa diberi reward berupa tepuk tangan dan ucapan selamat agar lebih bersemangat.

Demikianlah praktik baik implementasi pemanfaatan Portal Rumah Belajar dalam pembelajaran yang sudah saya laksankan. Mudah-mudahan sedikit informasi yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan Portal Rumah Belajar untuk kegiatan pembelajaran yang asik dan menyenangkan

Mari berbagi ilmu, mari berbagi manfaat.

Satu pemikiran pada “MENDOAN SEKOTENG – Video Based Learning & Gamifikasi pada Rumah Belajar”

  1. Mendoan makanan yg lezat dapat dijadikan sumber belajar yang menarik. Hebat pak. Sukses dan sehat selalu. Selalu menginspirasi

    Balas

Tinggalkan komentar